Beranda » Sold Out » Keris Sengkelat Luk 13 Pamor Wos Wutah Era Majapahit
click image to preview activate zoom

Keris Sengkelat Luk 13 Pamor Wos Wutah Era Majapahit

Rp 7.000.000
KodeJT07
Stok Habis
Kategori Sold Out
Tentukan pilihan yang tersedia!
OUT OF STOCK
Produk ini tidak tersedia lagi (tidak dapat diorder).

Keris Sengkelat Luk 13 Pamor Wos Wutah Era Majapahit

Museum Keris hadirkan Keris Sengkelat Luk 13 Pamor Wos Wutah Era Majapahit.

Keris sengkelat adalah keris yang memiliki Luk atau Lekukan berjumlah 13. Luk 13 pada Keris Sengkelat mempunyai makna dalam filosofi tradisi Jawa sebagai las-lasaning urip (akhir kehidupan), yaitu bersatunya kembali Manusia dengan Sang pencipta. Makna lainnya bahwa luk 13 ialah Tri Welas, yaitu welas ing sesami, welas ing sato iwen, lan welas ing tetuwuhan. Semua itu diarahkan kepada keselarasan antara Manusia, alam dan lingkungannya, serta Allah sebagai inti dari Kehidupan.

Keris Sengkelat ini memiliki pamor Beras Wutah atau Wos Wutah artinya beras tumpah yang mewakili ungkapan “Gemah ripah loh jinawi” (tenteram, makmur, dengan kekayan alam yang berlimpah). Secara fisik bentuk Pamor Beras Wutah atau Wos Wutah menyerupai motif butiran beras tumpah, dan merupakan pamor tiban yang terbentuk dari proses penempaan yang dilakukan oleh Sang Empu..

Keris Sengkelat ini berasal dari Kerajaan Majapahit yang disebut juga Keris Sepuh Tangguh Majapahit, yang artinya keris ini lahir pada abad ke XIII.

Ukuran Keris Sengkelat ini panjang bilahnya 36,5 CM dan pesinya 43,7 CM.

Warangka Sandangan Keris Sengkelat ini bernama Gayaman Yogyakarta dengan Kayu Kemuning.

Keris Pusaka telah ditetapkan oleh UNESCO ((United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) badan khusus PBB didirikan pada tahun 1945.) yang mengakui bahwa Keris Pusaka Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia, karena memiliki nilai filosofi yang tinggi.

Keris merupakan Benda Pusaka yang mengandung Filosofi Spiritual, Nilai Luhur serta Makna Kebaikan untuk kehidupan dan kesuksesan manusia baik sebagai individu maupun sesama.

Keris Pusaka Kuno adalah Barang Antik yang diburu kolektor mengingat jumlahnya tidak akan bertambah dan justru semakin berkurang, oleh karena itu Keris Kuno merupakan Aset Investasi bernilai tinggi karena semakin lama semakin langka dan harganya semakin mahal.

Keris Setengah Tuwo/Semi Tua/STW bukanlah Keris Kuno, bukan pula Keris Baru (Kamardikan). Keris STW adalah Keris Baru yang dibuat dengan bahan besi kuno, ada pula Keris STW yang dibuat setelah era kerajaan kuno namun sudah cukup berusia sehingga dianggap semi kuno.

Keris Kamardikan adalah Keris Baru yang bisa dipesan sesuai permintaan baik bentuk (dapur) maupun pola gambarnya (pamor) serta bisa dipesan dalam jumlah banyak.

Tak perlu panjang lebar pasti sudah pada tahu bahwa keris pusaka Sengkelat salah satu benda pusaka idaman semua orang pecinta tosan aji.

Tags: , , , , , , , , , ,

Keris Sengkelat Luk 13 Pamor Wos Wutah Era Majapahit

Berat 2000 gram
Kondisi Bekas
Dilihat 201 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Sidebar
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Yanto
● online
Yanto
● online
Halo, perkenalkan saya Yanto
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja